Rabu, 05 Oktober 2016

sosiologi hukum part 3



Artikel saya kali ini akan membahas kaidah atau  norma yang ada dan berlaku pada masyarakat. Kaidah atau  orma sendiri berarti pedoman, pedoman dalam hidup bermasyarakat. Kaidah dalam masyarakat ada empat, yakni : kaidah kesusilaa, kaidah kesopanan, kaidah keagamaan, dan kaidah hukum. Dibawah ini akan saya jelaskan dan saya beri cotntoh dari masing-masing kaidahnya.
1.       Kaidah Kesusilaan, kaidah kesusilaan ini bersumber dari dalam hati masing-masing individu sendiri. Yang memberikan sanksi ika melanggar kaidah ii adalah masyrakat.
Dibawah ini akan saya berikan contoh pelanggaran kaidah kesusilaan
Contoh kaidah
 Alasan kenapa masuk kaidah kesusilaan
1.       Mencabuli anak dibawah umur
Tidak ber etika
2.       Berzina
Karena tidak ber etika
3.       Memegang anggota tubuh wanita yang bukan muhrim
Tidak etis
4.       Berduaan di tepat gepat dua orang bebeda jenis
Tidak etis













2.       Kaidah kesopanan, kaidah ini lebih mengacu pada tata perilaku kita, tentang sopan atau tidaknya perilaku kita. Yang memberi sanksi adalah masyrakat. Sanki biasanya terdiir dari danksi pengucilan dari masyrakat, atau sanksi yang lebih ringan adalah sanksi gunjingan dari masyrakat.
Contoh kaidah
 Alasan kenapa masuk kaidah kesusilaan
1.       Berkata jorok atau kotor di tempat umum
Karena berkata kotor di tempat umum tidak sopan
2.       Berbicara ketika dosen menjelaskan
Karena tidak menghormati dosen sebagai pengajar dan umurnya lebih tua dari kita
3.       Membentak orang tua
Karena harusnya tidak boleh membentak orang tua
4.       Memanggil orang tua dengan kata akmu

5.       Tidak menundukkan badan ketika ada orang yang lebih tua

6.       Menghina orang

7.       Buang angina di tempat umum

8.       Menyela ketika ada orang yang bicara

9.       Makan sambil berdiri

10.   Menggunakan pakaian yang terbuka di IAIN Tulungagung


3.       Kaidah keagamaan, kaidah keagamaan ini muncul dari Tuhan dan berhubungan antara kita dengan Tuhan. Kaidah Agama membebankan kewajiban kepada kita. Contoh-contoh kaidah keagamaan akan saya jabarkan di bawah ini:

Contoh kaidah
Alasan kenapa masuk kaidah ketuhanan
1.       Tidak sholat
Karena melanggar perintah Allah untuk solat
2.       Murtad
Melanggar ajaran atau di Al Qur’an
3.       Berzina
Karena melanggar ajaran agama, karena zina adalah dosa besar
4.       Menduduki Al Qu’an
Karena al Qur’an adalah kitab suci agama Islam
5.       Syirik

Dialrang agama
6.       Sombong

Dilarang agama
7.       Iri.
Dilarang agama.
8.       Dengki.
Dialrang agama
9.       Riba
Dialrang agama
10.   Tahayyul.
Dialrang agama.

4.       Kaidah hukum, kaidah hukum diberlakukan di negara sifatnya memberikan kewajiban dan menuntut hak dan bagi yang melanggarakan dikenakan sanksi sesuai Undang-undang yang berlaku. Contoh kaidah hukum akan saya jabarkan dibawah ini:

Contoh kaidah
Alasan
Melanggar rambu lalu lintas
Karena melanggar peraturan lalu lintas
Membunuh orang
Kena pasal pembunuhan
Korupsi
Melangar uu
Menipu orang
Kena pasal penipuan
Menjambret
Termasuk kriminalitas
Membuang bayi
Termasuk kriminalitas
Aborsi
Melanggar HAM
Mencuri
Termasuk tindak criminal





Kaidah yang pernah saya langgar lumayan banyak, diantaraya adalah,  saya sering tidak melaksakanakn solat wajib lima waktu, hal ini mealnggar kaidah keagamaan. Selanjutnya saya biasanya mengobrol sendiir ketika dosen menerangkan, hal ini seharusnya tidak saya lakukan karena saya berarti tidak menghormati dosen yang sedang menjelaskan, disini saya melanggar norma kesopanan.

Selain itu saya juga pernah menerobos lampu merah ketika tidak ada polisi yang menjaga, ketika saya terburu-buru dan lampu lalu lintas berwarna merah saya menengok kanan kiri, ketika saya lihat tidak ada polisi yang menjaga , saya dengan tenang dan tidak merasa takut langsung saja menerobos lampu lalu lintas, tapi saya saya sadar bahwa saya telah melanggar aturan lalu lintas, tapii karena situasi dan kondisi yang sedang lalai dari pantauan polisi, saya berani menerobos lampu merah.

Saya juga pernah melanggar kaidah kesoponan, diantaranya adalah, pada saat saya erkumpul dnegan teman-teman saya, saya tidak sengaja kentut, dan teman-teman saya merasa rishi akan hal yang saya lakukan, ini berarati ketika kita melanggar norma kesopanan, maka reaksi orang di sekitar kita langsung seperti mengucilkan atau menggunjing perbuatan kita.
Demikianlah cerita cerita yang saya punya dari pelanggaran kaidah-kaidah yang pernah saya lakukan.

2 komentar:

  1. Pelanggaran sudah dipaparkan, tapi Anda belum memaparkan apa sanksi yang diterima, siapa yang memberikan sanksi dan bagaimana cara pemberian sanksi.

    BalasHapus
  2. Tugas Anda mengumpulkan masing-masing 10 kaidah beserta alasannya, yang Anda kerjakan masih kurang jumlah serta alasannya. Dalam menuliskan kaidah juga tidak lengkap, sehingga tidak jelas itu larangan atau perintah.

    BalasHapus