Selasa, 01 November 2016

MASALAH CONTEKAN



Disini saya memilih yang larangan mencontek. Saya telah mencari 6 narasumber yang 3 diantaranya adalah narusumber yang mencontek dan 3 nya adalah yang tidak mencontek.
Yang pertama yang akan saya bahas adalah narasumber  yang pernah mencontek :

Narasumber 1:
a.       Apakah anda tidak setuju dengan aturan dilarang dilarang mencontek ?
Tidak,
b.      Mengapa anda memilih mencontek ?
Karena malas berfikir, dan bisa mengerjakan soal dengan cepat tanpa harus berfikir.
c.       Bagaimana anda menyiapkan contekan ?
Dengan cara ditaruh di kotak pensil, atau dengan cara ditaruh di bawah ljk, contekan ini berupa kertas kecil berisi tulisan-tulisan kecil.
d.      Bagaimana mengantisipasi agar tidak diketahui pengawas ?
Dengan cara membuka contekan hanya pada saat pengawas lengah, atau pada saat pengawas sedang jalan di belakang saya.
e.      Bagaimana  perasaan anda saat mencontek ?
Sebenarnya ya deg-degan karena takut ketahuan dan duduk kayak tidak tenang karena sedang menyembunyikan sesuatu.
f.        Apa pendapat anda  tentang pengawas atau dosen yang tegas menindak pelaku pencontekan ?
Sebenarnya saya agak jengkel, karena saya tidak bisa mengerjakan soal-soal ulangan ketika ada tindakan dosen yang seperti itu.
g.       Apakah anda puas dengan nilai hasil mencontek ?
Sebenarnya jujur tidak puas, tapi saya sangat sulit melawan rasa malas belajar saya, jadi terpaksa saya jadi kecanduan mencontek.
h.      Apakah anda memiliki rencana akan berhenti mencontek ?
Memiliki, tapi masih sangat sulit untuk menjadi pribadi yang giat belajar.
i.         Keadaan apa yang membuat anda memutuskan tidak akan mencontek ?
Ketika saya ketahuan dosen mencontek , pada saat itu saya tidak berani lagi mencontek dan menyelesaikan ulangan semampu saya.


Narasumber 2 :
a.       Apakah anda tidak setuju dengan aturan dilarang dilarang mencontek ?
Setuju-setuju saja, tapi kadang aturan tidak sesui dengan keadaan di lapngan, jadi kalau ada aturan seperti itu saya setuju-setuju saja.
b.      Mengapa memilih mencontek ? 
Supaya saya mendapatkan nilai bagus.
c.       Bagaimana menyiapkan contekan ?
Tidak ada persiapan khusus, langsung saja bawa buku mata kuliah yang diujikan pada saat itu.

d.      Bagaimana mengantisipasi agar tidak diketahui pengawas ?
Biasanya saya bersikap cuek dan santai supaya pengawas atau dosen tidak mencurigai saya.
e.      Bagaimana perasaan anda saat mencontek ?
Biasa saja karena sudah terbiasa.
f.        Apa pendapat anda tentang pengawas atau dosen yang tegas menindak pelaku pencontekan ?
Bagus-bagus saja , tetapi ketika pengwas memiliki ketegasan dan kepintaran untuk mencegah contekkan biasannya mahasiswa akan lebih pintar lagi dalam membuat cara contekan yang tidak diketahui pengawas.
g.       Apakah anda  puas dengan nilai hasil mencontek ?
Tidak juga, tapi saya santai.
h.      Apakah anda memiliki rencana akan berhenti mencontek ?
Punya, tapi untuk sat ini saya masih akan tetap mencontek karena itu lebih mudah dan efisien daripada saya harus susah-susah belajar.
i.         Keadaan apa yang membuat mu memutuskan tidak akan mencontek ?
Jika contekan saya di sita oleh dosen atau pengawas.

Narasumber 3:

a.       Apakah anda tidak setuju dengan aturan dilarang dilarang mencontek ?
Ya setuju-setuju saja.
b.      Mengapa mencontek ? 
Karena kurang menguasai mata kuliah yang di ujikan tersebut, jadi saya terpaksa mencontek. Karena saya sudah berusaha belajar tapi tetap tidak menegerti.
c.       Bagaimana anda menyiapkan contekan ?
Menyiapkan contekan dengan cara membawa buku yang diujikan, atau menulis catatan-catatan singkat berisikan materi yang diujikan.
d.      Bagaimana mengantisipasi agar tidak diketahui pengawas ?
Menaruhnya di dalam saku saya, kali tidak begitu kertasnya saya duduki, kalai tidak begitu saya taruh di bawah LJK.
e.      Bagaimana perasaan anda saat mencontek ?
Ada perasaan takut jika ketahuan.
f.        Apa pendapat anda tentang pengawas atau dosen yang tegas menindak pelaku pencontekan ?
Tidak setuju karena saya mencotek karena dosen tersebut ketika memberikan materi tidak bisa mudah saya tangkap sehingga saya menjadi tidak mengerti pelajaran yang diajarkan beliau.
g.       Apakah anda puas dengan nilai hasil mencontek ?
Tidak puas karena bukan hasil pemikiran saya sendiri.


h.      Apakah anda memiliki rencana akan berhenti mencontek ?
Punya, ketika saya sudah paham tentang materi yang diajarkan , saya tidak akan mencontek lagi.
i.         Keadaan apa yang membuatmu memutuskan tidak akan mencontek ?
Jika dosennya sangat galak, dan mengiming-imingi harus mengulang jika ketahuan mencontek.

Sekarang adalah Narasumber yang tidak mencontek.

Narasumber 1:

a.       Apa penyebabmu tidak mencontek ?
Takut, ingin mengetahui kemampuan saya sejauh mana.
b.      Apakah puas dengan hasil ujiannya ?
Lumayan puas, karena apapun hasilnya itu adalah jerih payah sendiri.
c.       Bagaimana perasaan saudara terhadap pengawas atau dosen yang membiarkan percontekkan berlangsung ?
Tentu jika kita sendiri tidak berani mencontek sedangkan ada salah seorang teman yang mencontek namun dibiarkan oleh pengawas atau dosen maka tentunya akan merasa marah karena hasil dari usaha kita akan dengan teman yang tidak berusaha dan hanya mencontek.
d.      Apa pendapatmu tentang sanksi yang tepat bagi para pencontek ?
Tidak diberi nilai atau dianggap tidak mengikuti ujian.
e.      Bagaimana menurutmu cara yang perlu ditempuh agar tidak ada mahasiswa yang mencontek saat ujian ?
Memperketat pengawasan saat ujian berlangsung.
f.        Apa usulmu agar aturan dilarang mencontek efektif di semua mata uhian ?
Adanya sanksi terhadap pencontek entah itu berhubungan dengan penilaian atau sebagainya.
g.       Apa fasilitas yang dbutuhkan agar mahasiswa berhenti mencontek ?
Menurut saya itu semua tergantung kebijakan dosen ataupun gurunya.


Narasumber 2:

a.       Apa penyebab tidak mencontek ?
Merasa tidak nyaman saat ujian, karena jika mencontek pasti kita akan bingung bagaimana cara membuka contekan, dari pada memikirkan hal tersebut  lebih baik memikirkan jawaban dari soal yang diberikan sesuai kemampuan.

b.      Apakah puas dengan hasil ujiannya ?
Alhamdulilah puas, karena mengerjakan dengan jujur sesuai kemampuan.
c.       Bagaimana perasaan sodara terhadap pengawas atau dosen yang membiarkan percontekkan berlangsung ?
Saya merasa jengkel dan marah, karena nilai anak yang mencontek pasti akan lebih baik dari pada saya.
d.      Apa pendapatmu tentang sanksi yang tepat bagi para pencontek ?
Sanksi yang tepat menurut saya, yang pertama ditegur dan diingatkan, jika tetap saja mencontek, dianggap nilainnya nol.
e.      Bagaimana menurutmu cara yang perlu ditempuh agar tidak ada mahasiswa yang mencontek saat ujian ?
Dilakukan pengecekkan sebelum ujian di mulaiatau perketat pengawsan saat ujian.
f.        Apa usulmu agar aturan dilarang mencontek efektif di semua mata uhian ?
Diberikan sanksi yang tegas terhadap mereka yang mencontek.
g.       Apa fasilitas yang dbutuhkan agar mahasiswa berhenti mencontek ?
Ujian berstandart komputer dengan masing-masing pertanyaan diberi batas waktu yang dianggap cukup untuk memikirkan dan menuliskan jawaban atau diberi pertanyaan yang berkaitan dengan pendapat individu masing-masing.




Narasumber 3 :
a.       Apa penyebab tidak mencontek ?
Karena saya ingin mengetahui seberapa besar kemampuan saya dalam menguasai suatu materi dan saya juga ingin mengukur hasil belajar saya dalam menyiapkan ujian.
b.      Apakah puas dengan hasil ujiannya ?
Saya merasa cukup puas dengan hasil yang saya peroleh karena berapapun nilai yang saya peroleh itu adalah hasil jerih payah saya sendiri dan itulah kemampuan saya.
c.       Bagaimana perasaan sodara terhadap pengawas atau dosen yang membiarkan percontekkan berlangsung ?
Saya kadang merasa kacewa karena menurut saya tidak adil jika sebagian mahasiswa harus bersusah payah belajar dan mengerjakan ujian tetapi ada mahasiswa yang seenaknya sendiri mencontek dan dosen malah diam saja dan membiarkannya.

d.      Apa pendapatmu tentang sanksi yang tepat bagi para pencontek ?
Pertama adalah diingatkan dan ditegur, jika tetap mencontek maka diambil LJK nya dan dikeluarkan dari ruang ujian.
e.      Bagaimana menurutmu cara yang perlu ditempuh agar tidak ada mahasiswa yang mencontek saat ujian ?
Ujian dialakukan dengan ujian lisan.
f.        Apa usulmu agar aturan dilarang mencontek efektif di semua mata ujian ?
Para dosen harus konsisten memberlakukan pengetatan saat ujian berlangsung. Maka selanjutnya mau tidak mau para mahasiswa akan mau belajar sebelum ujian.
g.       Apa fasilitas yang dbutuhkan agar mahasiswa berhenti mencontek ?
Cc tv diperlukan supaya mereka takut ketika mau mencontek.

Demikian lah tanya jawab saya kepada narsumber-narasumber yang mencontek dan tidak mencontek. Para narasumber yang mencontek kebanyakan menggunakan cara yang sama yaitu dengan menaruh contekan di bwah LJK. Dan para narasumber yang tidak mencotek kebanyakan sama alasannya tidak mau mencontek karena ingin mengukur kemampuan mereka dalam memahami suatru materi .

Terimakasih kepada narasumber-narasumber yang sudah bersedia berscerita kepada saya tentang penglaman mereka masing-masing.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar